Pages

Rabu, 19 Juli 2017

TUMBUHAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL


kali ini kita akan membahas tentang jenis jenis tumbuhan. Tumbuhan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Seperti menurut daunya,batangnya, dan akarnya. Tetapi kita sekarang membahas jenis tumbuhan menurut bijinya. Berikut penjelasannya:



1.DIKOTIL

Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan dikotil adalah tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping dua. Tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga atau yang kita kenal dengan sitilah kotiledon. Daun lembaga tersebut terbentuk sudah sejak tahapan biji dengan demikian sebagian besar anggotanya memiliki bebijian yang mudah sekali terbelah menjadi dua bagian. Hal inilah yang menjadi pembeda utama antara tumbuhan dikotil dengan monokotil yang justru kepingan bijinya tunggal. Ciri ciri tumbuhan dikotil antara lain, berakar tungang, bentuk tulang daun cenderung maenjari atau menyirip, memiliki 2 kotiledon, jumlah kelopak bunganya merupakan kelipatan dari empat terkadang juga lima. Contoh tumbuhan dikotil antara lain mangga, durian, sukun, alpukat, apel, dan lain lain

Hasil gambar untuk tumbuhan dikotil

 2. MONOKOTIL

 Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan berkepimg satu. Adapun karakter yang paling kuat dari tanaman berkeping tunggal ini antara lain daun lembaga, akar yang berserabut , daun yang berselang seling, bagian tulang daunnya sejajar dan cenderung berbentuk layaknya pita serta masih banyak lagi lainnya. Contoh tumbuhan monokotil antara lain padi, jagung, kedondong, dan lain lain.

Hasil gambar untuk tumbuhan monokotil


.









0 komentar:

Posting Komentar